MAKANAN YANG MENGANDUNG ASAM FOLAT

Makanan yang mengandung asam folat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tidak hanya menjaga kesehatan tubuh tapi juga membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

Dan khususnya Ibu hamilpun disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat karena sangat penting untuk perkembangan janin supaya tumbuh dengan normal dan tidak mengalami kecacatan. Kelancaran metabolisme dan perkembangan sel tubuh adalah manfaat asam folat yang paling utama. Asam folat itu sendiri adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air.
Manfaat asam folat begitu banyak, disini kita akan bahas makanan apa saja yang mengandung asam folat beserta manfaatnya. Asam folat juga mudah rusak jika terkena
suhu yang terlalu panas seperti jenis vitamin lainnya, oleh sebab itu ketika anda mengolah makanan yang mengandung asam folat jangan dimasak terlalu lama dalam suhu yang tinggi supaya vitamin yang terkandung tidak mudah rusak.
Makanan yang Mengandung Asam Folat
Mudah sekali menemukan asam folat diberbagai macam makanan buah-buahan dan sayuran. Salah satunya sumber asam folat yang paling utama adalah kacang-kacangan.
1. Kacang-Kacangan
Semua jenis kacang-kacangan terdapat asam folat, seperti kacang tanah (peanuts), kacang hijau (beans) dan kacang merah. Asam folat atau vitamin B9 banyak terdapat dikacang-kacangan tapi tidak hanya asam folat yang terdapat dikacang-kacangan, banyak mengandung nutrisi lainnya juga lho. Seperti protein, kalsium, vitamin D juga yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan anda. Dengan mengkonsumsi secangkir kacang anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram folat. Dan jumlah tersebut sudah mencakup setengah dari jumlah asam folat yang dikonsumsi tubuh setiap hari.
2. Sayuran
Sayuran yang berdaun hijau terutama yang berwarna hijau gelap adalah sayuran yang mengandung asam folat. Contoh sayurannya adalah selada, kubis, bayam, sawi, asparagus, dan brokoli. Semua sayuran itu hampir mudah didapatkan. Untuk Ibu hamil sayuran yang baik dikonsumsi adalah brokoli, bayam, dan asparagus karena banyak mengandung nutrisi untuk kehamilan. Sayuran tidak hanya mengandung asam folat tetapi juga banyak mengandung nutrisi-nutrisi lain didalamnya.
3. Buah-buahan
Buah-buahan adalah sumber utamanya vitamin, karena asam folat juga salah satu jenis vitamin. Sumber utama asam folat untuk Ibu hamil adalah alpukat, jeruk, pisang dan jeruk. Buah tersebut sangat bagus untuk Ibu hamil. Segala macam jeruk ( keluarga citrus), mangga alpukat, melon, mangga, dan pisang semua itu adalah buah yang mengandung asam folat. Kandungan vitamin C dan asam folatnya sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.
4. Hati Hewan
Untuk Ibu hamil meskipun hati hewan mengandung dha dan asam folat, lebih baik Ibu hamil tidak mengkonsumsi hati hewan,sebab Meskipun hati hewan mengandung banyak asam folat tetapi sebaiknya hindari makanan ini, karena banyaknya kolesterol dan lemak. Yang pasti hati hewan ini lebih banyak mengandung asam folat dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi hati hewan seperti jenis makanan yang sudah dibahas diatas.

Manfaat Asam Folat yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat asam folat begitu banyak, apalagi untuk Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat, karena bisa mempercepat pertumbuhan sel, jika kekurangan asam folat akan mengganggu kesehatan Ibu hamil dan janinnya. Ibu hamil yang mengkonsumsi asam folat dapat mencegah janin dari resiko lahir prematur, mencegah janin dari resiko preeclamsia, dan membantu mengurangi cacat lahir sekitar 50-70%. Bibir sumbing, autisme dan kelainan janntung bawaan adalah kecacatan yang dialami bayi karena kekurangan asam folat. Jika ada kecacatan fisik lainnya mungkin itu karena kekurangan asam folat. Dibutuhkan banyak asam folat untuk mengatur DNAnya janin saat sel embrionya membelah dengan cepat.
Untuk manfaat bagi orang normal adalah mencegah terjadinya alzheimer, anemia, dan depresi.
Orang normal yang biasanya kekurangan asam folat akan mengalami masalah pencernaan, liver bagi yang pecandu alkohol dan gangguan ginjal. Jika ada yang mengalami masalah tersebut diperlukan banyak memakan asupan yang banyak asam folatnya karena penyerapan tubuh yang tidak maksimal.

Manfaat penting lainnya adalah mencegah terjadinya stroke dengan mengkonsumsi folat secara teratur kira-kira 5 mg sehari. Secara mendetail manfaat asam folat adalah mengurangi terjadinya kanker yang disebabkan DNA sel yang rusak. Karena itu tubuh membutuhkan folat untuk memperbaiki DNA, dan mensintesa DNA. Tubuh juga butuh folat untuk menjaga kesuburannya  baik wanita maupun pria.

Efek Negatif Mengkonsumsi Asam Folat Secara Berlebihan

Mengkonsumsi asam folat secara berlebihan juga tidak baik lho. Karena orang-orang mengetahui banyak manfaat jika mengkonsumsi asam folat jadi kadang ada yang mengkonsumsi folat secara berlebihan. Dan itu bisa beresiko,efeknya biasanya perut kembung, mual, insomnia, dan gas. Maka dari itu konsumsi asam folat secukupnya supaya bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Itu tadi artikel yang membahas tentang makanan yang mengandung asam folat.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar